Bentuk Komunikasi – pola & format komunikasi secara umum

Komunikasi mengacu pada proses penyampaian pesan baik secara individu maupun kelompok. Proses penyampaian pesan ini dapat diuraikan dalam beberapa pola, atau dalam bentuk komunikasi yang bermacam-macam.

Bentuk komunikasi secara umum

Komunikasi intrapribadi

Yaitu komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. Bentuk komunikasi ini bertujuan untuk menelaah, berfikir, dan menganalisis perilaku, tindakan, atau bahkan realita yang dialami pribadi manusia secara individu.

Lewat komunikasi ini, manusia bisa memahami jati dirinya, sadar akan harga diri, serta bisa berintrospeksi. Disamping itu, komunikasi intrapribadi bermanfaat untuk mengurangi stress dan memerangi konflik batin.

Komunikasi antarpribadi

Yaitu komunikasi yang terjadi antara dua orang. Bentuk komunikasi ini sangat penting untuk membangun hubungan sosial. Mengingat manusia pada hakikatnya tidak bisa lepas dari peran serta orang lain.

Ada beberapa tujuan yang lazim terjadi pada komunikasi antarpribadi, diantaranya seperti mengenal orang lain, menjalin hubungan antar sesama, serta mempengaruhi, membantu dan bermain bersama orang yang diajak berkomunikasi.

Tidak hanya itu, manfaat komunikasi ini dapat dirasakan oleh kedua belah pihak. Salah satunya adalah meningkatnya efektifitas komounikasi satu lawan satu, serta memelihara hubungan yang efektif dalam bentuk persahabatan, percintaan, dan persaudaraan.

Komunikasi kelompok kecil

Yakni komunikasi yang terjadi dalam sekelompok kecil. Melalui komunikasi kelompok kecil, manusia dapat membentuk grup tersendiri yang kemudian tercipta suatu identitas pada masing-masing anggotanya.

Perlu diketahui, bentuk komunikasi ini ditujukan agar setiap anggota saling membantu, berbagi informasi, dan memecahkan masalah kelompok. Tidak hanya itu, mereka juga dapat meningkatkan kemampuan kempemimpinan, serta memanfaatkan kelompok untuk mencapai tujuan spesifik.

Komunikasi organisasi

Komunikasi ini terjadi dalam lingkup organisasi yang di bentuk, baik formal maupun tidak. Memahami dan menguasai bentuk komunikasi ini sangat efektif guna meningkatkan semangat kerja, serta untuk memberi informasi dan meyakinkan anggotanya dalam proses pencapaian tujuan organisasi.

Manfaat menguasai komunikasi organisasi dapat dirasakan oleh masing-masing anggota. Tidak hanya itu, dengan terciptanya komunikasi yang baik antar anggota, perusahaan atau badan organisasi akan terlihat lebih kokoh. Lebih-lebih jika ingin membangun jaringan, tentu diperlukan anggota yang solid.

Komunikasi publik

Yaitu komunikasi dari pembicara kepada halayak umum. Ada beberapa tujuan yang tersirat dalam bentuk komunikasi ini, diantaranya seperti memberik informasi, meyakinkan, dan mungkin menghibur orang banyak.

Manfaat menguasai bentuk komunikasi ini dapat kita rasakan lebih efektif seiring dengan meningkatnya kemampuan persuasif (mempengaruhi orang lain) yang kita miliki. Selain itu, kita juga dapat mengembangkan, mengorganisasikan, menyusun, dan menyampaikan pesan dengan baik.

Komunikasi antarbudaya

Yaitu komunikasi yang terjadi antara orang yang berbeda budaya. Dengan komunikasi ini, orang dapat saling mengenal, berhubungan, bahkan akan saling membantu, meski terlahir dari suku dan etnis yang berbeda.

Selaku mahluk sosial, sebaiknya manusia memahami manfaat komunikasi antar budaya. Sehingga ia dapat mengatasi dan menghindari hambatan-hambatan utama yang menjadi bumerang dalam hubungan sosial, seperti tindakan diskrimansi dan terjadinya kejutan budaya.

Komunikasi masa

Yaitu komunikasi yang diarahkan kepada halayak umum yang disalurkan melalui sarana/media seperti radio, televisi, surat kabar, dan lain-lain. Proses penyampaian pesan dalam komunikasi masa dapat dilakukan baik secara audio maupun visual.

Dengan mengenal bentuk komunikasi ini, kita dapat memahami bagaimana menggunakan media masa sebagaiamana semestinya, menyaring informasi, serta tahu bagaimana mengendalikan media dengan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.