10 Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat

Kemalasan perupakan perasaan untuk tidak melakukan sesuatu dalam hidup, dan menghindar dari segala upaya / usaha. Orang yang dikuasai oleh rasa malas cenderung untuk hidup pasif, tidak melakukan aktifitas, dan hari-harinya hanya dihabiskan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Karena itu, dalam rangka meraih impian dan kesuksesan hidup, kita harus belajar bagaimana menangani rasa malas.

Cara sederhana menangani rasa malas

1) Motivasi

Salah satu alasan mengapa orang menjadi malas, diantaranya disebabkan oleh kekurangan motivasi dalam hidup. Jadi untuk memperkuat motivasi, bisa dilakukan dengan hal-hal yang dapat memompa semangat anda, diantaranya dengan meminta nasihat, mengingat tujuan, dan melihat orang-orang sukses.

2) Tentukan visi hidup anda

Anda dapat menetapkan tujuan dan keinginan anda secara berkala, hal ini ini dapat memberikan motivasi dan kekuatan untuk bertindak. Sebab setiap orang ingin menjadi sukses dan bahagia dalam hidup, demikian juga anda.

3) Bayangkan kosekuensi rasa malas anda

Renungkanlah apa yang akan terjadi jika anda tidak melakukan sesuatu, lebih-lebih bila dirudung oleh berbagai masalah. Tentu hal ini akan mengakibatkan masalah baru yang semakin lama semakin membesar. Karenanya, memikirkan akibat buruk kemalasan dapat mendorong kita bekerja dengan giat.

4) Pecahkan tugas menjadi beberapa garapan kecil

Seringkali kita menjumpai tugas yang begitu besar, hal tersebut kadang menciutkan hati untuk menanganinya. Sebab dalam pandangan, tugas yang berat memerlukan usaha dan tenaga yang kuat, melelahkan, atau bahkan menghabiskan banyak waktu.

Karena itu, untuk mengentaskannya, pecahkanlah tugas anda dalam beberapa elemen kecil. Kemudian kerjakan masing-masing elemen tersebut. Dengan melakukan usaha pada bagian-bagian terkecil, anda akan merasa tidak terbebani. Sehingga perasaan menyerah dan pandangan yang begitu berat terhadap tugas akan sirna.

5) Ulangi kata-kata penguat anda

Ucapkan kata-kata ajaib yang dapat memompa anda secara berulang-ulang. Hal ini sangat membantu sekali terutama jika anda dalam keadaan malas. Anda juga dapat menulisnya dibeberapa tempat yang dapat dijangkau dengan mudah. Kata-kata ajaib tersebut diantaranya seperti:

  • Saya dapat menyelesaikan tugas saya sendiri
  • Semua masalah sangat mudah ditangani
  • Saya adalah orang kuat
  • Saya pasti bisa dan sukses

6) Istirahat dan berolahraga

Dalam beberapa kasus, kemalasan terjadi karena perasaan lelah, letih, penat, dan kekurangan energy. Karenanya, diperlukan istirahat yang cukup untuk merefreshkan otak dan tenaga. Kadang diperlukan olahraga untuk menghilangkan rasa penat. Sebab kepenatan dapat menimbulkan stress yang ujung-ujungnya menimbulkan rasa malas.

7) Berfikirlah pada keuntungan

Memikirkan keuntungan dari semua usaha yang dilakukan ternyata dapat memompa kita untuk melakukan tindakan. Sebaliknya birfikir tentang kesulitan, hambatan, dan beban dapat menciutkan nyali kita untuk berusaha. Karenanya, memberikan perhatian pada keuntungan bertindak dan membayangkan hasil yang baik sangatlah penting.

8) Belajarlah dari orang-orang sukses

Kadang kita perlu memandang orang-orang sukses untuk menyemangati hidup kita. Sebab rata-rata kesuksesan diraih oleh mereka yang berusaha dengan gigih. Anda dapat melakukan wawancara, serta mengambil pelajaran dari perjuangan mereka.

9) Hargai usaha anda

Memberi penghargaan terhadap usaha yang dilakuakan merupakan bentuk terimakasih kepada diri sendiri. Penghargaan ini adalah bukti bahwa kita telah berhasil mengentaskan kemalasan. Untuk menghargai diri, anda dapat merayakannya dengan membeli sesuatu yang dapat membahagiakan anda. Atau sesuatu yang anda inginkan sebagai apresiasi pencapaian kesuksesan.

10) Lawan penundaan

Rasa malas muncul salah satunya karena kita melihat pekerjaan yang menumpuk. Hal ini disebabkan oleh penundaan yang kerapkali kita lakukan. Semakin banyak kita menunda pekerjaan, maka akan semakin besar pula beban yang harus kita tanggung. Karenanya, lawanlah kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Lakukan tugas yang ada meski terlihat kecil. Sebab secara umum, tugas yang kecil dapat dilakukan dengan mudah.

Menyelesaikan kebiasaan malas memerlukan proses dan usaha berkala. Semakin kita dininabobokan dengan rasa malas, maka semakin berat untuk melakukan sesuatu. Sebab hal ini akan menjadi kebiasaan dan membentuk kepribadian kita. Bertindak mengentaskan pekerjaan dapat mengurangi rasa malas yang kita miliki. Setiap kali anda memilih bertindak, hati anda akan semakin kuat untuk menang dan meraih tujuan.

Demikian pula jika belajar bahasa Inggris di Fabelia, Kampung Inggris, Anda harus berjuang melawan rasa malas untuk meraih tujuan belajar yang diidam-idamkan. Semakin sering anda belajar, maka semakin cepat anda bisa. Sebab jika merasa nyaman dengan hidup yang serba santai, niscaya akan tertinggal jauh dari yang lain.

3 thoughts on “10 Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.