6 Kebiasaan Buruk Yang Tidak Disadari Manusia

Kebiasaan buruk kerap dilakukan manusia, tanpa terpikir akibat dari tindakan yang dilakukan. Hal ini tidak hanya terjadi pada masyarakat kelas bawah, Kalangan elit dan terdidik pun ikut serta membudayakannya.

Banyak yang menyadari bahwa kebiasaan yang mereka lakukan benar-benar keliru. Namun kesadaran ini tidak diimbangi dengan tekad yang kuat untk menghentikan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan buruk yang tidak disadari manusia

Seperti apakah kebiasaan buruk yang dimaksud? Berikut saya rangkum dalam beberapa poin dibawah:

1. Media sosial

Banyak para remaja atau orang-orang dewasa tidak bisa mengontrol waktu saat menggunakan media sosial. Umumnya mereka menggunakan media tersebut sekedar untuk eksis di dunia maya, menambah teman, dan lain sebagainya, tanpa tujuan yang jelas. Lebih parah lagi, mereka telah kecanduan berselancar di media sosial.

Dari sekian persen user, hanya sebagian kecil yaang menggunakan media sosial untuk bisnis, pendidikan, dan aspek positif lainnya.

2. Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang umumnya mengakar. Banyak yang mengetahui imbas dari menghirup asap rokok, bahkan di bungkusnya pun tercatat dampak negatif merokok. namun tetap saja kebiasaan ini dilakukan. Padahal, jika diperhitungkan, dampak neatifnya jauh lebih banyak, belum lagi dengan pengeluaran untuk membelinya. Andai pengeluaran itu ditabung, tentu hasilnya dapat dialihkan untuk hal-hal yang bermanfaat.

3. Boros

Seperti merokok diatas, kadang orang Indonesia menghabiskan satu hingga dua pak perhari, tanpa mempertimbangkan keuangan. Contoh lain seperti membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Umumnya hal ini dilakuakan oleh golongan hedonis yang mengejar kesenangan sesaat.

4. Membohongi diri 

Ini yang paling sulit dicegah. Banyak orang yang menyadari bahwa sesuatu yang dilakukannya adalah buruk / tidak baik. Namun hal tersebut tetap dilakukan. Banyak pecandu narkoba yang mengetahui mengkonsumsi narkotik itu buruk, namun mereka tetap menikmatinya. Hati kecil mereka pasti akan selalu melarang anak-anak mereka menggunakan narkoba.

5. Bermalas-malasan

Ini dia yang menjadi penyakit siswa. Jika ditanya tentang hal ini, pasti mereka menjawab bahwa malas itu buruk. Namun apa daya, bila kebiasaan ini sudah berkarat dihati, tentu perlu perjuangan keras untuk mengubahnya.

6. Menurut Anda

Nah..,, untuk yang ini,, khusus pembaca. Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.