Fungsi Mimpi berdasarkan Agama dan Psikologi

Fungsi mimpi – Banyak orang mengatakan bahwa mimpi adalah bunga tidur dan petunjuk dari Tuhan. Sebenarnya mimpi juga bisa terjadi karena memori dari beberapa kejadian-kejadian yang di alami seseorang, baik menyenangkan atau menyedihkan.

Fungsi Mimpi

Nah… Saya akan menjelaskan beberapa Fungsi mimpi, berdasarkan keterangan dalam Agama Islam dan Psikologi dari pengalaman pribadi.

1. Petunjuk

Faktanya, memang benar bahwa banyak orang mendapat petunjuk dari mimpi. Seperti mimpi memeras anggur yang dialami oleh tawanan di masa Nabi Yusuf. Beliau menjelaskan bahwa tawanan tersebut akan menjadi pelayan kerajaan yang bertugas menyiapkan minuman anggur. Lihat surat Yusuf ayat 41

2. Berita

Seperti yang terjadi dalam hadits-hadits Qudsi, dimana hadits ini bersal dari mimpi Nabi Muhammad. Didalamnya menceritakan banyak hal, terutama tentang informasi kehidupan akhirat.

3. Peringatan

Suatu ketika Fir’aun bermimpi seorang bayi laki-laki naik ke tempat tidurnya dan memakai mahkotanya. Setelah terbangun, ia memanggil semua ahli tafsir mimpinya untuk menakwil. Semua ahli tafsir mimpinya berpandangan bahwa akan lahir seorang bayi laki-laki yang akan menghancurkan Fir’aun dan kerajaannya. Atas dasar ini, Ia memerintahkan membunuh semua bayi laki-laki yang lahir di negaranya. Lihat surat Al-Qashash ayat 4.

4. Penguat hasrat

Mimpi bisa terjadi karena angan atau cita-cita yang belum tercapai. Seperti seorang anak yang bermimpi menjilat eskrim yang tidak dibelikan oleh ibunya.

5. Realisasi dunia nyata

Realisasi ini berbarengan dengan peristiwa nyata yang larut dalam mimpi. Seperti Anda bermimpi mengikuti konser Roma Irama saat seseorang disebelah Anda menyetel lagunya. Dalam mimpi, Anda berjingkrak-jingkrak bersama penonton yang lain mengikuti irama lagu si Raja Dangdut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.