Dasar Hukum, Macam dan Pengertian Qisas

Pengertian Qisas (Qishash) : Dalam Islam berarti pembalasan yang sama, yaitu hukuman setimpal yang dijatuhkan kepada pelaku pembunuhan / yang melukai anggota badan orang lain.

Qisas bukan merupakan hak Allah, melainkan hak manusia. Karenanya, qisas tidak berlaku apabila pelaku dimaafkan oleh korban/keluarga korban.

Meski demikian, pelaku tetap dikanakan membayar ganti rugi (diyat), dalam bentuk materi, yang diberikan kepada korban / keluarga korban sebagai tebusan.

Dasar Hukum

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِصَاصُ فِي الْقَتْلَى ۖ الْحُرُّ بِالْحُرِّ وَالْعَبْدُ بِالْعَبْدِ وَالْأُنثَىٰ بِالْأُنثَىٰ ۚ فَمَنْ عُفِيَ لَهُ مِنْ أَخِيهِ شَيْءٌ فَاتِّبَاعٌ بِالْمَعْرُوفِ وَأَدَاءٌ إِلَيْهِ بِإِحْسَانٍ ۗ ذَٰلِكَ تَخْفِيفٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَرَحْمَةٌ ۗ فَمَنِ اعْتَدَىٰ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَلَهُ عَذَابٌ أَلِيمٌ وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishâsh berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita.

Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diyat) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Rabbmu dan suatu rahmat.

Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih.

Dan dalam qishâsh itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa. [al-Baqarah :178-179]

Macam Qisas

Ada dua macam Qisas:

  1. Qisas jiwa, diterapkan dalam kasus pembunuhan.
  2. Qisas badan, diterapkan pada pelaku yang melukai raga korban.

______

Sumber: Iwan Gayo Galaxo, Encyclopedia Islam Internasional, Pustaka Warga Negara, Jakarta, tt, hlm: 977.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.