Dampak Internet bagi Anak | Solusi dan tips

Penggunaan komputer, tablet, dan ponsel baru-baru ini telah menjadi hal lumrah. Perangkat ini cukup efektif ketika terhubung ke internet, sebab didalamnya menyediakan banyak sekali sumber yang tidak dapat kita jumpai dalam buku.  Perlu diketahui, Video , Lagu , dan permainan yang bernuansa pendidikan di internet dapat memberikan pembelajaran yang lebih otentik dan variatif, relevan, serta menarik bagi anak. Internet juga memberi kesempatan untuk mengasah keterampilan bahasa dan mendorong kemandirian dalam belajar. Lalu bagaiamana dampak internet bagi anak sekarang?

Dampak internet  bagi anak

Sebagai media atau alat belajar mengajar alternatif, internet bisa menimbulkan risiko jika tidak digunakan semestinya. Resiko tersebut berkisar pada konten (situs khusus orang dewasa); Perilaku (anak dapat menyamarkan dirinya tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya, pertukaran pesan seksual atau gambar, dan menempatkan gambar anak-anak lain secara online ); kontak (memasukan anak-anak lain ke dalam chat room atau situs jejaring sosial untuk hal-hal yang tidak bermanfaat), dan game (kecanduan game online pada anak). Jika hal ini tidak ditangani, tentu dapat mengganggu pembelajaran mereka.

Bagaimana agar dampak internet bagi anak tetap positif ?

Untuk melindungi anak dari hal-hal negatif penggunaan internet, berikut ini kami informasikan tips meminimalisir hal negatif dari dampak internet bagi anak:

  • Jika anda berencana untuk menggunakan internet, pastikan selalu memeriksa situs dengan teliti, termasuk halaman link situs web.
  • Pemeriksaan secara menyeluruh sangat penting untuk menghindari situs-situs bermasalah dan mungkin kontennya tidak cocok untuk anak.
  • Hal penting berikutnya adalah pastikan bahwa anak yang menggunakan komputer , tablet, atau ponsel tahu situs apa saja yang dapat mereka kunjungi.
  • Jangan lupa terhadap pengawasan anak saat mereka melakukan pekerjaan rumah. Karenanya, aturlah ruangan dengan cara yang memungkinkan anda berdiri di belakang anak saat mereka belajar. Dengan kata lain, Anda harus dapat melihat apa yang bisa mereka lihat.
  • Periksa ulang filter yang terpasang pada komputer, hal ini sangat penting untuk menyaring kontenten-konten tertentu yang tidak layak dilihat.
  • Jangan lupa pasang pasword pada komputer anda, hal ini untuk membatasi penggunaan internet oleh anak saat anda tidak berada di rumah.
  • Tulis secara garis besar tentang aturan, tatacara penggunaan internet dengan baik, keuntungan penggunaan internet positif, serta bahaya internet tidak sehat di layar komputer anda.
  • Beri penjelasan tentang keselamatan dan keamanan penggunaan internet secara teratur, pastikan juga mereka faham serta tahu manfaat dan resiko penggunaan internet.

Kepekaan dan kepedulian kita terhadap perilaku pembelajaran anak sangat penting untuk masa depan mereka. Oleh karenanya, pastikan informasi dampak internet bagi anak ini dapat anda terapkan sebaik mungkin. Untuk menambah wawasan, baca juga informasi sejenis di ayah bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.