4 Cara Mudah Menemukan dan Mendapatkan Ide

Mendapatkan ide │ Pernah saya mendengar sebuah istilah yang berbunyi “like teaching how frogs jump“, artinya  “seperti mengajar bagaimana kodok loncat”.

Ungkapan itu digunakn untuk menyatakan kesukaran kepada sesuatu atau orang yang melakukan pekerjaan berdasarkan instruksi.

Nah menurut penulis, ide itu sendiri seperti kodok. Ia bisa meloncat, tapi mesti dilatih dan selalu diberi instruksi untuk slalu meloncat-loncat dalam pikiran.

Terkadang ide datang ke alam pikiran tanpa kita harus berusaha keras mencarinya. Namun terkadang kita mati-matian mencari ide, tapi hilang menguap begitu saja karna beberapa faktor.

Cara Mudah Menemukan dan Mendapatkan Ide

Sekarang saya akan memberikan sudut pandang untuk mendapatkan ide.

Petama, kita mulai dengan membuka pikiran kita seluas luasnya. Jika  pikiran kita sempit maka akan sulit untuk menerima hal-hal  baru.

Ada banyak cara untuk membuka pikiran kita, salah satunya adalah belajar. Inti dari belajar adalah perubahan, tidak perduli bagaimana metodenya, bagaimana cara memahaminnya. Jika seseorang mengalami perubahan dalam pikiranya, perasaanya, sikapnya, dan perkataanya, maka bisa dikatakan bahwa orang itu belajar.

Kedua, adalah dengan cara memperbanyak waktu untuk mendengarkan apa yang sedang terjadi di dunia ini, memperbanyak memikirkan sesuatu, memperbanyak merasakan sesuatu, dan memperbanyak kata yang keluar maupun yang kita baca.

Seseorang yang selalu melakukan hal hal yang sama setiap hari, seperti terjebak dalam rutinitas biasanya sulit mendapatkan ide-ide baru.  Jadi segarkan pikiran kita dengan cara membaca atau berdiskusi.

Ketiga, adalah dengan menjadi orang yang kreatif. Untuk menjadi kreatif tidaklah mudah, ada proses yang harus dijalani.

Sebenarnya tidak ada sesuatu yang baru di dunia ini, semuanya sudah pernah terjadi, begitulah kata Sherlock Holmes.

Jadi proses untuk menjadi kreatif adalah dengan cara mengikuti apa apa yang sudah ada lalu menggabung gabungkanya hinga jadilah hal tersebut sesuatu yang benar benar berbeda. Begitu juga dalam mendapatkan ide, yang kita butukan adalah menyatukan apa apa yang kita ketahui.

Keempat, pelajari teknik-teknik pengembangan ide. Ada banyak teknik pengembangan ide yang dibuat oleh para ahli. Semakin banyak teknik yang kita punya dalam pengambangan ide, maka semakin banyak jugalah ide yang bisa kita dapatkan.

Baca: Cara membuat gagasan dengan cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.