1 cara mengobati kemalasan yang paling signifikan

Mengobati Kemalasan ⌉ Manusia selalu memiliki keinginan untuk hidup nyaman, tenang, relaks, dan serba enak. Siapapun dia, termasuk penulis pasti tidak mau hidup pahit. Karenanya kita memiliki potensi menjadi orang malas.

Jika direnungkan, kemalasan memang suatu hal yang paling menyenangkan. Bisa hidup semaunya. Lebih-lebih tanpa ada seseorang pun yang melarang. Namun jika dipikir-pikir, kamalasan adalah racun yang dapat menyuramkan masa depan kita. Kita terbuai dengan kelonggaran di awal, namun pahit di kemudian.

Untuk menyelamatkan masa depan, kita perlu tahu bagaimana mengobati kemalasan, dan mengubah jati diri menjadi orang yang rajin. Sebab dunia ini dibangun oleh orang-orang yang rajin.

Cara mengotabati kemalasan

Al-Ghazali, dalam karyanya yang monumental “Ihya Ulumuddin“, menyatakan bahwa obat dari penyakit hati adalah kebalikan dari penyakit hati itu sendiri.

Pelit >< dermawan

Boros >< hemat

Sombong >< rendah hati

marah >< sabar

Demikian juga dengan malas, lawannya adalah rajin.

Kemalasan merupakan penyakit hati yang harus ditangani, Lantas bagaimana cara mengobati kemalasan? Lakukan dengan satu cara berikut:

Misalkan anda orang yang paling malas dalam membaca buku. Untuk mengobatinya, pilih dan baca buku yang paling anda suka. Atau paksakan diri anda untuk membaca buku tertentu. Lalu bacalah buku tersebut sejenak sekitar 5 atau 10 menit sehari. Lakukan hal ini setiap hari secara konsisten dan sabar.

Lama-kelamaan aktifitas ini akan menjadi kebiasaan anda. Nah setelah menjadi kebiasaan, pasti membaca buku menjadi hal yang paling ringan bagi anda. Saat merasa bahwa membaca buku adalah hal yang paling ringan, maka secara sendirinya anda akan menambah durasi bacaan.

Awalnya anda berfikir aktifitas ini berat sekali dilakukan. Bahkan godaan untuk enyah dari buku sangat besar. Namun jika sabar dan konsisten, kondisi hati anda sedikit demi sedikit akan berubah. Hingga terbiasa melakukan aktifitas itu.

Perhatikan alur berikut ini:

Lazy (anda Malas) act consistently and patiently (anda melakukan tindakan dengan konsisten dan sabar) habit (tindakan tersebut menjadi kebiasaan) like (kemudian anda suka) dilligent (anda rajin)

Teknik mengobati kemalasan ini juga bisa diterapkan dalam aspek yang lain. Misalnya mengobati kemalasan dalam bekerja, merapikan rumah, menyiram tanaman, dan lain sebagainya.

Selamat berjuang dan selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.