Arti, Penyebab dan Cara Mengatasi Kecanduan

Cara Mengatasi Kecanduan – Kecanduan yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang mencerna zat (seperti alkohol, kokain, nikotin) atau terlibat dalam suatu kegiatan (seperti perjudian, seks , belanja) yang dapat menyenangkan tapi terus menerus digunakan / dilakukan.

Tindakan ini akan bersifat kompulsif (keharusan) dan dapat mengganggu tanggung jawab kehidupan umumnya. Seperti mengganggu pekerjaan, hubungan, atau bahkan mengganggu kesehatan.

Pengguna mungkin tidak menyadari bahwa perilaku mereka di luar kendali dan menyebabkan masalah bagi diri mereka sendiri dan orang lain.

Kecanduan dapat dilihat dari beberapa aspek yang berbeda. Salah satunya adalah kecanduan fisik. Seperti ketergantungan mengkonsumsi obat-obatan tertententu, lambat laun obat yang dikonsumsi tidak lagi memiliki efek yang sama. Sehingga para pecandu memerlukan takaran obat yang lebih besar.

cara mengatasi kecanduan
Arti, Penyebab dan Cara Mengatasi Kecanduan

Bentuk lain dari kecanduan fisik adalah fenomena reaksi yang berlebihan. Seperti saat orang sudah terbiasa mengunjungi bar, namun dalam satu kesempatan ia secara tidak sengaja berjalan lewat di depannya, ia akan merasakan ketertarikan yang sangat luar biasa untuk masuk ke dalam karena isyarat ini.

Penyebab Kecanduan 

Kecanduan ini bisa bisa disebabkan oleh kesenangan yang terus dilakukan, Atau kebiasaan yang tidak kunjung berhenti. Seperti mengkonsumsi narkotik secara berkala, selalu menghisap rokok, minum minumaan beralkohol, atau bahkan hobi menyaksikan film porno.

Jika kebiasaan hidup ini terus berlangsung dapat mengakar dan mendarah daging, sehingga sulit mengubahnya. Karena itu, diperlukan penanganan khsusus bagi si penderita.

Cara Mengatasi Kecanduan

Ada dua faktor yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan, yaitu melalui pendekatan internal dan eksternal si penderita.

Solusi internal seperti munculnya kesadaran seseorang pada dirinya, yang kemudian diimbangi dengan upaya nyata. Saat seseorang menyadarai bahwa merokok itu tidak baik untuk kesehatan, lalu ia berusaha mengurangi konsumsi rokok secara bertahap, lambat laun ia sukses mengentaskan masalah ini. Faktor internal lain adalah penyakit. Orang berhenti merokok secara total saat ia sudah divonis terkena serangan jantung akut.

Solusi eksternal dapat dilakukan dengan penangan khusus oleh para ahli, atau melalui pemaksaan dan pengalihan dari pihak lain. Seperti dengan melakukan konseling, atau terapi khusus yang biasa dilakukan untuk mengentaskan kecanduan mengkonsumsi narkoba. Anak yang kecanduan bermain game dapat dikurangi dengan membuat aturan-atauran dalam keluarga, atau dengan membuatnya sibuk berolahraga atau bermain bersama teman-teman sebaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.