Cara Mengatasi Bosan dalam Belajar

Mengatasi Bosan – Belajar adalah hal yang sangat penting, namun belajar tidak selalu menjadi hal yang menarik bagi orang yang belum tahu manfaatnya, dan terkadang membosankan bagi orang yang sedang belajar.

Keadaan ini merupakan hal yang biasa dalam belajar. Akan tetapi jika kita biarkan, bisa mengakibatkan stress yang berkepanjangan. Karenanya, kali ini kami akan berbagi tips yang semoga bisa membantu teman-teman.

Perlu diketahui, rasa bosan dalam belajar sebenarnya bukanlah masalah. Rasa ini meruakan sifat manusiawi. Hanya saja, ketika seorang melakukkan sesuatu terus-menerus, maka ia akan mengalami kejenuhan.

Oleh karna itu, kami coba berbagi tips untuk mengatasinya berdasarkan pengalaman yang kami dapat dari program full day di Fabelia, beserta program camp-nya.

Tips cara mengatasi bosan dalam belajar  ini bisa menjadi solusi mengatasi kejenuhan baik ketika belajar sendiri maupun saat belajar bersama-sama.

Lakukan hal-hal berikut untuk mengatasi bosan dalam belajar Anda:

1. Take A Trip

Jalan-jalan ke suatu tempat yang bulum pernah kita kunjungi bisa menjadi cara yang jitu dalam mengembalikan mood dan menghilangkan rasa bosan dalam belajar.

Cara ini di terapkan di Fabelia dan terbukti mampu mengembalikan semangat teman-teman yang belajar full day sebanyak enam kelas dalam sehari, dari senin sampai jumat, dengan  total durasi belajar di dalam kelas selama 8 jam/hari  yang berarti dalam seminggu adalah 40 jam.

Biasanya kami berlibur menikmati keindahan alam atau mencari turis asing untuk memeperaktikan apa yang sudah kami pelajari.

Cara menghilangkan bosan dalam belajar ini terkadang bisa membuat teman-teman lebih bersemangat dari sebelumnya.

Tidak terlalu bagus untuk memaksakan diri terus-menerus belajar saat rasa bosan merasuk. Terlebih jika kita membiarkan rasa bosan terus menerus singgah tanpa kita carikan solusinya.

2. Belajar di Tampat Lain

Belajar tidak harus di dalam kelas. Seringkali suasana belajarlah yang sebenarnya menjadi pemicu seseorang merasa jenuh.

So, teman-teman bisa coba belajar di tempat lain dari biasanya untuk mendapatkan suasana baru, serta menjaga mood yang baik.

Jika pergi ke Kampung Inggris, teman-teman dapat melihat ada orang-orang belajar di warung kopi, warung makan, kafee kafee, pinggir jalan, bahkan di atas genteng.

3. Gunakan Metode Belajar Bervariatif

Metode adalah hal yang mendukung sistem, dimana pengajar dan pengajar berupaya mencapai tujuan sesuai dengan koridor yang sudah dibuat.

Terkadang seseorang sengaja fokus dalam belajarnya, dengan melakukan hal-hal serius dan tidak menggunakan metode-metode fun. Ia pikir metode yang menyenangkan tidak terlalu effektif untuk mencapai hasil belajar yang baik. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kebosanan dan hilangnya mood dalam belajar.

So don’t think too much about result, you just need to focus on your study with fun methods.

4. Ubah Meteri Belajar

Cobalah ubah materi pelajaran teman-teman jika sedang bosan dengannya. Anda dapat menggantinya dengan membaca cerita-cerita unik dan menyenangkan terlebih dahulu. Setelah rasa jenuh hilang, pelajari kembali materi yang anda fokuskan.

Saat belajar bahasa Inggris, jika Anda jenuh membaca (reading), cobalah menonton movie berbahasa Inggris sebagai selingan.

Okey semoga cara menghilangkan bosan dalam belajar yang sederhana itu bisa bermanfaat.

lihat juga 5 tips mengatasi rasa nervous saat berbicara di depan kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.