Cara Membuat Gagasan dengan Cepat

Gagasan merupakan akar Speaking, semakin luas gagasan yang dibangun, tentu akan semakin luwes ranah pembicaraan. Dengan memiliki banyak ide, anda bisa menjelaskan banyak hal, dan Speaking anda terdengar lebih berbobot. Karenanya anda perlu tahu bagaimana cara membuat gagasan.

4 Cara Membuat Gagasan dengan Cepat

Untuk menopang pembelajaran speaking anda, berikut ini kami uraikan 4 cara yang bisa anda terapkan:

Brainstorm

Caranya cukup sederhana, tentukan ide pokok pembicaraan terlebih dahulu, misalnya “biru”. Renungkan bagian-bagian yang berkaitan dengan “biru”, diantaranya seperti air (water), awan (clouds), perasaan (feeling), dan lain lain. Selanjutnya jelaskan masing-masing segmen tersebut dalam Speaking anda. Anda juga bisa menambah cabang di masing-masing segmen. Semakin banyak cabang yang anda buat, maka semakin luas penjelasan anda.

cara membuat gagasan

Brainstorm… salahsatu cara untuk membuat gagasan yang paling mudah

WH Quesstion

Cara membuat gagasan yang satu ini sering dilakukan oleh pilosof. Anda bisa bertanya kepada diri anda sendiri tentang tema yang dihadapi. Pertanyaan ini terus menerus dilakukan dan dijawab hingga semuanya diangap tuntas. Caranya tentukan terlebih dahulu topiknya, misalnya “sehat”. Buatlah pertanyaan misalnya apa itu kesehatan?, bagaimana menjaga kesehatan?, siapa saja yang dianggap sehat?, mengapa dia sehat?, dll. Semua pertanyaan tersebut anda jawab. Sehingga jawaban tadi adalah ide anda yang bisa diungkapkan dalam Speaking.

Interview

Interview termasuk sebagai proses pencarian informasi yang berjalan dua arah, antara penanya dengan orang yang ditanya. caranya ini cukup signifikan untuk menambah gagasan yang belum terpikirkan oleh kita. Untuk menyusun gagasan, anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Tentukan tema wawancara anda
  2. Buatlah sederetan masalah yang perlu ditanyakan
  3. Perhatikan konten jawaban yang diungkapkan oleh orang yang anda wawancarai
  4. Catat informasi yang dianggap perlu
  5. Ungkapkan informasi tersebut dalam Speaking anda

Membaca

Membaca sangat membantu menemukan ide yang belum terpikirkan. Orang yang tak tahu tentang kimia bisa menjabarkan masalah kimia dengan membaca materi terkait sebanyak-banyaknya. Karena itu, bagi anda yang tidak tahu banyak tentang bahan pembicaraan, membaca merupakan cara jitu yang efektif. Sebelum berbicara di kelas Speaking, lakukanlah hal berikut ini:

  1. Tentukan topik Speaking anda
  2. Cari dan baca bahan bacaan yang berkaitan dengan topik tersebut
  3. Catat informasi yang diperlukan
  4. Ungkapkan semua gagasan yang anda dapat dengan Speaking yang lugas

4 cara membuat gagasan di atas dapat anda terapkan dalam pembelajaran speaking. Baca juga masalah speaking yang harus ditangani.  Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.