4 Cara Membangun Rasa Percaya Diri dengan Cepat

rasa percaya diri
Rasa percaya diri member Fabelia muncul di Borobudur

Membangun rasa percaya diri ternyata cukup mudah. Percaya diri atau confidence yaitu kombinasi self-efficacy dan self-esteem. Keduanya merupakan bagian yang sangat penting dalam membangun mental. Self-efficacy adalah perasaan internal, atau keyakinan bahwa kita dapat mencapai berbagai tugas atau tujuan sepanjang hidup. Self-esteem lebih terkait dengan rasa percaya bahwa kita umumnya berkompeten dalam melakukan sesuatu.

Orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi umumnya menyukai dirinya sendiri, bersedia untuk mengambil risiko untuk mencapai tujuan pribadi, dan berpikir positif tentang masa depan. Orang yang kurang percaya diri, bagaimanapun juga, kemungkinannya lebih kecil untuk dapat mencapai tujuan, cenderung memiliki perspektif negatif tentang dirinya dan apa yang ia harapkan. Karenanya, simak cara

Bangunlah rasa percaya diri Anda dengan 4 langkah berikut:

1. Kenali Pikiran

Identifikasi pikiran negatif Anda. Pikiran ini memperlambat ruang gerak anda. Pikiran negatif mungkin terdengar seperti ini: “saya malu sekali,” “Saya tidak bisa melakukan itu,” “Aku pasti akan gagal”, “tidak ada yang mau mendengar apa yang saya katakan”, dan lain-lain.

2. Ubah pikiran

Ubahlah pikiran negatif Anda ke pikiran positif. Cara mengubah pikiran ini bisa dengan membentuk pernyataan dan pertanyaan positif, “seperti apakah saya mau seperti ini terus?” “Saya harus mencobanya,” “Saya bisa sukses jika saya melakuakn itu,” atau “orang-orang akan mendengarkan saya,” “saya tidak mau menyerah”. Intinya, Mulailah dengan pikiran positif sebagai langkah untuk membangun rasa percaya diri Anda.

3. Act

Buktikan pikiran positif tadi dalam bentuk tindakan. Lakukan hal-hal yang tentu berlawanan dengan fikiran negatif anda, meski terlihat sedikit konyol. Awalnya memang terasa berat, memalukan, banyak yang menertawakan, dan bahkan dapat membuat keringat anda bercucuran. Namun bila dilakukan secara terus menerus, rasa percaya diri Anda akan terbentuk.

4. Konsisten

Pertahankan pikiran positif dalam tindakan anda. Jangan menyerah, coba dan lakukanlah terus dan terus. Lambat laun anda akan terbiasa dengan perasaan positif, meski dalam prosesnya banyak yang mentertawakan, atau bahkan mengolok-olok. Jika anda terbiasa, hal konyol apapun tak akan jadi penghalang dan tidak masalah bagi anda. Jika anda menyerah, berarti anda kembali ke zona nyaman, dan rasa percaya diri anda tidak mengalami perkembangan.

Cara membangun rasa percaya diri yang singkat ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk membangun karakter peserta didik di Fabelia. Kuncinya adalah pikiran positif, mencoba, dan konsisten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.