Cara membangun kebersamaan dalam organisasi

Guys…..Tahukah anda bagaimana cara membangun kebersamaan dalam organisasi? Baik secara internal, maupun eksternal. Agar hubungan terasa lebih akrab dan mesra, ada baiknya anda lakukan tips di artikel ini.

Ada beberapa cara membangun kebersamaan yang bisa anda terapkan, diantaranya:

1. Berdiskusi

Berdiskusi dengn baik adalah solusi untuk mengetahui setiap problem yang ada dalam kelompok. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan nilai-nilai kebersamaan dalam satu wadah. Kenapa? Karena setiap anggota berupaya untuk mengentaskan masalah yang dihadapi bersama.

2. Berkomunikasi

Apa yang terjadi saat kita duduk bersama di atas bus dengan orang belum kita kenal, namun kita bersikap pasif, serta tidak mengajaknya berbicara? Tentu kebersamaan itu sebatas fisik. Secara mental, kita masih individualistis. Dengan mengajaknya berkomunikasi secara verbal, kita dapat menjalin hubungan yang lebih dekat. Bisa bertukaran nomor kontak, tertawa bersama, bahkan dapat mengenalnya lebih jauh.

Demikian juga saat kita menjumpai orang yang baru kita lihat di perusahaan. Jika bersikap acuh tak acuh, tidak berupaya berkomunikasi dengannya, hubungan anda hanya sebatas mengenal wajah.

3. Bertindak positif

Tindakan positif dilahirkan dari pikiran positif yang kita miliki. Saat rekan kita melakukan kesalahan, dan kita berfikir bahwa kita sebagai bagian dari hidupnya. Tentu dengan besar hati kita akan mentolelir kesalahannya, membantunya, bahkan memberinya motifasi.

4. Memberi dorongan

Perlu diakui, kita cenderung suka terhadap orang yang memberi dorongan, motivasi, nasehat dengan baik ketimbang cacian. terlebih saat kita down. Karenanya, salah satu cara membangun kebersamaan adalah memberi motivasi, dan perhatian kepada rekan yang kita kenal dengan tulus.

5. Memberi bantuan

Saat anda merasa iba dan memberi pertolongan kepada rekan kerja yang sedang mengalami kesulitan, tentu dia akan sangat berterimakasih kepada anda. Bisa jadi dia akan merasa berhutang budi. Jika anda menanggapinya secara tulus dan wajar, niscaya hubungan kasih sayang akan tumbuh dengan baik. Dan hal ini adalah kunci membangun kebersamaan antara anda dengannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.