Arti Praktik – Filosofi ampuh menguasai materi pelajaran

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia ( kbbi ) arti praktik n 1. pelaksanan secara nyata apa yang disebut dalam teori ; teoriny mudah tetapi praktiknya sukar.

Arti praktik dalam Oxford Learner’s Pocket Dictionary ditulis Practice n [u] action rather than idea; put a plan into our practice.

Sedangkan arti praktik menurut penulis adalah singkatan dari kata Paksa, Rasa, Aktif, Kreatif, Teguh, Imajenatif, dan Kalem.

Pembahasan Arti Praktik

Sekarang mari kita bahas satu persatu.

  • Paksa : seorang pelajar harus memaksa dirinya sendiri untuk selalu belajar. Saat sedang tidak mood atau tidak punya waktu, seorang pelajar harus memaksa dirinya untuk belajar, belajar, dan belajar. Belajarlah karna terpaksa atau karna kesadaran.
  • Rasa : orang yang sedang belajar harus punya rasa atas apa yang sedang dipelajarinya. Tentunya rasa yang harus dimiliki adalah rasa suka dan cinta dengan pelajarannya. Hal ini penting, karna dengan rasa cinta dan suka atas pelajaran tersebut, semuanya akan terasa menyenangkan dan mudah.
  • Aktif : seorang pelajar harus aktif dalam belajar. Aktif alias tidak pasif. Pelajar yang pasif cenderung lebih lama menguasai pelajaran. Berbeda dengan pelajar yang aktif. Pelajar aktif akan lebih mudah menguasai pelajaran, karna mereka melibatkan indra indranya untuk belajar, tidak hanya dengan pikirannya.
  • Kreatif : seorang pelajar haruslah kreatif dalam menuntut ilmu. Proses kratif akan memudahkan dia memahami pelajaran. Jika ada teori yang sulit dipahami, maka yang dibutuhkan adalah kratifitas. Caranya bisa dengan merumuskan metode belajar agar dapat pahmi.
  • Teguh : seorang pelajar harus teguh hatinya dalam proses menimba ilmu. Tidak boleh mudah menyerah, pesimis, dan terlalu khawatir akan hasil yang didapat. Keteguhan hati hendaklah dibesar besarkan dalam diri seorang pelajar.
  • Imajenatif : seorang pelajar harus imajenatif. Seperti apa yang dikatakan Albert Enstain, pengethuan itu terbatas tetapi imajenasi tidak. Jika pelajar bisa berimajenasi lebih luas dari apa yang sedang dipelajarinya hal itu memungkinkan pelajar untuk menemukan pengetahuan pengetahuan baru.
  • Kalem : seorang pelajar dituntut untuk kalem. Kalem yang dimaksud disini bukanlah pendiam, namun sikap rendah hati. Pelajar yang memiliki kerendahan hati adalah pelajar yang bijak. Seperti filosofi padi  yang dikatakan nenek moyang, “semakin berisi, padi semakin merunduk”.

Kata orang bijak , Ilmu adalah apa yang kita kerjakan dan kita ucapkan. Dan cara mendapatkan ilmu adalah dengan praktik. Jika ilmu tidak dipraktikan, maka ia akan memudar dan lenyap dari kita.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.