4 Manfaat Membaca yang dapat anda rasakan langsung

Membaca adalah suatu suatu usaha untuk membuka warna-warna jendela dunia. Sehingga kita dapat mengenal lebih tentang dunia yang belum kita ketahui sebelumnya. Aktifitas dan Manfaat membaca dapat dilakukan dan dirasakan oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Budaya membaca mendatangkan manfaat yang cukup besar. Hal ini tidak hanya untuk menambah cakrawala pengetahuan, tapi juga untuk mengubah perilaku hidup seseorang, serta sebagai langkah awal untuk membangun peradaban. Semaking cerdas suatu bangsa, maka akan semakin kuat lah bangsa tersebut.

Buku, majalah, koran, dan sejenisnya adalah sumber informasi yang dapat membuka wawasan. Berbagai ilmu pengetahuan, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya dapat kita fahami. Namun sayangnya,akhir-akhir ini membaca telah banyak diabaikan oleh banyak kalangan. Penyebabnya bisa karena kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi, seperti televisi, radio, maupun internet.

Manfaat Membaca

Berikut ini beberapa manfaat membaca yang dapat kita peroleh, diantaranya:

1. Memperkaya wawasan dan pengetahuan

Tentunya wawasan seseorang akan bertambah jika hari-harinya diisi dengan menyerap banyak pengetahuan. Hal yang paling signifikan untuk memperluas wawasan ini adalah dengan membaca. Banyak orang tidak tau tentang sesuatu karena ia jarang membaca.

2. Menambah kosakata

Dengan membaca setiap hari, entah buku, majalah atau pun koran, kita berhadapan dengan beberapa kosakata yang bisa dibilang asing, atau yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya. kita juga akan menjumpai istilah-istilah tertentu yang dikaji lebih mendalam. Hal ini justru sangat menguntungkan, karena istilah dan kosakata asing tersebut berguna untuk menambah hazanah keilmuan kita.

3. Memperkuat memori otak

Semakin sering kita membaca, maka daya memori otak juga akan semakin kuat. Kita pernah melihat banyak orang menjadi pintar dan mengerti akan sesuatu karena kebiasaan membaca setiap hari.

4. Menghilangkan stress

Mungkin kita berfikir membaca tergolong membosankan, membuat jenuh dan stress. Namun jika kita menyukainya, tentu hal ini akan menjadi hiburan tersendiri. Terlebih jika yang dibaca adalah informasi ringan dan menghibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.